Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Coba resep Taichan ini.. Dijamin anti gagal

 


Entah mengapa tiba-tiba saja kemarin saya ada keinginan untuk membuat sate taichan, sedikit cerita yah teman, mengapa saya mencoba resep ini. Dulu sekitaran tahun 2018 ada sebuah kafe di kota Tanjungpinang yang menyajikan taichan sebagai salah satu menunya. 

CafĂ© tersebut viral dan suskes  mendatangkan pengunjung yang luar biasa ramainya, termasuk saya salah satunya. Kala itu saya pesan seporsi sate taichan lengkap dengan lontong dan saus cabenya. Karena pertama kali mencoba, rasa taichan tersebut begitu asing di lidah saya, akhirnya beberapa tusuk taichan berpindah ke piring teman saya. Sejak saat itu saya tidak pernah lagi memakan sate taichan.  

Scroll resep di Instagram langkah pertama yang saya lakukan. Setelah merasa yakin dengan resep yang ditemukan maka saya memulai eksekusi, kebetulan ada stok ayam fillet di kulkas. Meski baru pertama kali membuatnya, dijamin rasanya mantul, tidak keras dan ketika dicocol dengan sambal rasanya enak dan anehnya, ketika saya makan tidak ada rasa aneh seperti ketika saya pertama kali mencoba taichan dulu. Perpaduan bumbu sate taichan yang sederhana di campur pedesnya cabe rawit, hmm.. seger benerrr.. menu ini juga cocok untuk orang yang sedang berdiet. 


Kini saya ingin berbagi resep taichan anti gagal yang sedikit di modifikasi untuk pembaca semua.

bahan yang di sediakan:

-          - 1/5 Kg ayam fillet potong dadu 

-      - Tusuk sate secukupnya 

-          -  2 sdt garam halus

-           - 2 sdm bawang putih giling

-           - 2 sdt bubuk merica

-           - 4 jeruk nipis/sambel jeruk

-           - 10 biji Cabe rawit merah

-           - 1 siung bawang putih

-           - Kaldu jamur secukupnya

Cara membuat

1.     Ayam yang sudah di potong dadu dibaluri dengan bumbu halus bawang putih, merica bubuk, garam dan jeruk nipis lalu marinasi selama 30 menit. 

2.   Sambil menunggu marinasi ayam, siapkan sambal cocolan taichan. Rebus cabe merah dengan 1 siung bawang putih. Setelah matang blender cabe dengan garam, gula dan kaldu jamur secukupnya. Sisihkan.

3.   Setelah 30 menit, tusuk daging ayam dengan tusuk sate sampai selesai, Isi 3 potong ayam tiap tusukan.

4. Siapkan pembakaran sate, bisa gril, teflon atau happy call

5.   Olesi pembakaran dengan minyak atau margarin, lalu tata taichan. Bakar sampai matang.

6.    Taichan siap di sajikan dengan sambal cabe rawit dan  nasi panas

Begitu teman-teman, proses pembuatan taichan  selesai, namun sayang proses pembuatan tidak seimbang dengan waktu memakannya, lebih cepat menghabiskannya ketimbang memasaknya, hehe.. Ada yang tertarik mencoba?



Bicara soal taichan, dari hasil gooling di internet, kabarnya sate taichan ini berasal dari China - Jepang. Kisahnya tahun 2012 ada pasangan muda-mudi jepang-indonesia  yang membeli sate Madura di kawasan senayan, Jakarta. Berhubung si pria yang berasal dari Jepang tidak menyukai saus kacang, maka ia membakar sendiri satenya setelah dibaluri garam dan jeruk nipis sebagai bumbunya. Setelah matang ia meminta sambal  sebagai cocolannya.

Ketika ditanya oleh pemilik kedai apa nama sate tersebut, pemuda itu menjawab “taichan”. Sejak itulah sate taichan mulai berkembang dari senayan hingga ke pelosok negeri di Indonesia termasuk ke Tanjungpinang. Kini sate taichan menjadi salah satu menu pilihan untuk wisata kuliner.

Selamat mencoba ya teman, dijamin anti gagal. 

 

 

 

 

 

 

 

 

1 komentar untuk "Coba resep Taichan ini.. Dijamin anti gagal "