Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara membuat minyak lemak sapi


Sebentar lagi hari raya Idul Adha atau hari raya kurban. Biasanya kita akan mendapatkan jatah daging kurban dari RT setempat. Nah, pada daging-daging tersebut akan terdapat lemak yang tidak bisa digunakan. 

lemak ini kalau dibuang begitu saja di tong sampah akan menimbulkan aroma yang tidak sedap dan cukup menggangu. Sebenarnya lemak-lemak tersebut masih bisa diolah dan di gunakan untuk jangka waktu yang panjang. misalnya untuk membuat nasi goreng, mie goreng, bihun goreng dan lain sebagainya. 

pada sebagian daerah lemak sapi di keringkan dengan cara di jemur atau digantung di atas tungku, cara ini dipakai di dapur yang menggunakan kayu bakar sebagai bahan bakarnya untuk memasak. asap atau api yang hasilkan akan membuat lemak mengering. lemak yang telah mengering itu siap digunakan untuk tambahan makanan seperti nasi goreng kampung. Rasanya nikmat sekali cukup dengan bumbu bawang goreng, garam dan lemak tadi. 

Lalu bagaimana jika tidak menggunakan tungku dan kayu bakar? kali ini saya berbagi tips membuat minyak lemak sapi yang baik dan tidak ribet. 

Bahan-bahan yang digunakan:
- 1/5 Kg lemak sapi segar, cuci bersih
- 1 bonggol bawang putih, bersihkan lalu geprek
- 2 cm jahe , bersihkan lalu geprek
- garam secukupnya

Cara membuat
1. lemak sapi yang telah di cuci bersih, lumuri dengan garam, masukkan bawang putih dan jahe geprek, aduk lagi lalu diamkan sebentar.
2. siapkan panci anti lengket, masukkan lemak tadi lalu panaskan di api kompor yang kecil sekali sambil di aduk-aduk. 
3. tunggu lemak meleleh semuanya dan bawang putih berubah warna kuning keemasan. 
4. jika sudah selesai dan agak dingin masykkan minyak lemak sapi serta isinya kedalam botol kaca. tunggu benar-benar dingin baru di tutup
5. minyak lemak sapi siap digunakan kapan saja. minyak lemak sapi akan membeku jika sudah dingin. namun tidak akan menyulitkan anda untuk menggunakannya. 

Minyak lemak sapi siap digunakan untuk aneka makanan apa saja, namun biasanya orang lebih banyak menggunakan untuk membuat nasi goreng, mie goreng, bihun goreng dan lain sebagainya, tujuannya untuk menambah cita rasa dari makanan yang di buat. 

berikut saya juga berbagi cara simpel membuat nasi goreng putih atau bisa juga disebut nasi goreng kampung menggunakan minyak lemak sapi.

Iris 2 siung bawang merah dan siapkan 2 piring nasi. ambil 1 sendok makan minyak lemak sapi lalu tuangkan dalam wajan, masukkan bawang merah, tumis sampai harum dan masukkan nasi. Aduk-aduk lalu tambahkan garam secukupnya  dan penyedap rasa daging  (kalo suka). nasi goreng putih siap di santap dengan acar timun dan kerupuk. boleh juga di tambahkan telur mata sapi. 


Minyak lemak sapi termasuk lemak trans atau lemak jenuh. Lemak trans akan menyebabkan kadar kolesterol jahat  (LDL) dan trigliserida dalam darah meningkat, serta menurunkan kadar kolesterol baik (HDL).  Untuk itu disarankan tidak mengkonsumsi lemak jenuh dalam junlah yang banyak apalagi jangka waktu yang Panjang karena akan menimbulkan efek buruk pada Kesehatan. Seperti menyebabkan penyempitan pembuluh darah  sehingga akan menghambat aliran darah ke jantung dalam lama-kelamaan akan menyebabkan penyakit jantung coroner,  stroke, memperburuk penyakit diabetes tipe 2  dan beberapa jenis penyakit lainnya.

Demikian tips hari ini, semoga bermanfaat..

Posting Komentar untuk "Cara membuat minyak lemak sapi"