Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Rahasia memasak Dendeng Lambok khas Minang yang nikmat

 

Dendeng Lambok khas minang

Siapa yang tidak kenal dengan masakan khas minang yang satu ini yaitu dendeng balado . Makanan ini akan selalu di jumpai di setiap rumah makan padang. Rasanya yang lezat cocok dimakan dengan nasi putih di segala suasana.

Ada dua macam varian memasak dendeng balado ini, yaitu kering dan basah. Disini saya akan berbagi rahasia memasak dendeng lambok khas minang yang nikmat yang biasa di masak oleh ibu saya. Oya, kata lambok dalam bahasa indonesia dapat di artikan dengan lembab, jadi dendeng yang akan kita masak ini berbeda dengan dendeng kering. Jika dendeng kering menggunakan daging yang di jemur tetapi untuk dendeng lambok kita menggunakan daging segar atau daging es.  

Berikut cara memasak dendeng lambok ala saya dan keluarga yang selama ini kami lakukan.

Bahan yang di butuhkan
1. 1/5kg daging segar
2. 1/4 kg cabe merah basah di giling atau di blender kasar
3. 1-2 gelas Air kelapa tua
4. 1 buah tomat potong dadu
5. 3 butir bawang merah iris tipis
6. Garam dan Micin secukupnya
7. 2 buah kentang kupas ukuran sedang, di belah lalu iris menjadi beberapa bagian
8. Minyak Goreng secukupnya 

Bumbu yang di haluskan   
1. Ketumbar halus 2 sdt
2. Jahe 1,5 cm
3. Bawang putih 3 siung 
4. 2 butir bawang merah

cara membuat
1. Iris tipis daging, cuci bersih kemudian lumuri garam lalu rebus dengan bumbu halus dan air kelapa sampai empuk. 
2. Jika sudah empuk angkat daging, Air kelapa  sisa rebusan daging jangan di buang  
3. Ambil daging lalu ketok di batu  penggilingan cabe kemudian Goreng daging sebentar di minyak panas, angkat lalu sisihkan. Dilanjutkan dengan menggoreng kentang.
4. Jika sudah selesai menggoreng daging dan kentang, lanjutkan dengan dengan menumis bawang merah, cabe dan tomat. aduk sampai matang kemudian masukkan sisa bumbu rebusan daging tadi. tunggu sampai mendidih, kecilkan api kompor lalu masukkan daging dan kentang, aduk lagi kemudian koreksi rasa, sebab bumbu rebusan daging sudah asin. 
5. jika sisa air bumbu rebusan daging sedikit, bisa tambahkan lagi air kelapa. biarkan bumbu meresap ke daging sebentar. angkat dendengnya lalu sajikan.   

demikianlah cara memasak dendeng lambok yang sering saya lakukan, biasanya anak-anak dan suami selalu nambah makannya apabila menyajikan menu dendeng lambok ini. 

Rahasianya adalah di air kelapa yang digunakan untuk merebus daging. Sebenarnya bisa di ganti dengan air biasa apabila tidak ada air kelapa , namun bagi saya pribadi rasanya agak berbeda. sofar tetap enak kok. 
 
Selamat mencoba ya..(ds)


1 komentar untuk "Rahasia memasak Dendeng Lambok khas Minang yang nikmat"